Universitas Al-Azhar Mesir

Universiti al-Azhar

Masjid Al-Azhar di Kaherah, Mesir

Universitas al-Azhar (Bahasa Arab: جامعة الأزهر atau juga الأزهر الشريف; al-Azhar al-Shareef, “Azhar yang Mulia”), adalah sebuah lembaga pendidikan tinggi ulung di Mesir, dan terkenal di dunia sebagai pusat kesarjanaan dan pendidikan. Mula didirikan pada 969, ia merupakan universitas yang kedua tertua didirikan yang masih beroperasi setela Universitas al-Qarawiyin di Maroko.

Universiti al-Azhar didirikan oleh kerajaan Fatimiyyah (909-1171) yang menjadikan Kaherah sebagai pusat pemerintahannya. Universitas ini asalnya dibina sebagai Masjid al-Azhar. Pada masa dulu, masjid merupakan pusat berbagai kegiatan orang Islam termasuklah pendidikan.

Saat ini Al-Azhar merupakan universitas tertua di dunia yang telah banyak mengeluarkan ulama ternama diantaranya; Muhammad ‘Abduh, Jamaluudin Al-Afghani, Yusuf Qardhawi, begitu juga dengan pakar tafsir kita Prof. DR. Quraish Syihab. Masa keemasan Al-Azhar terjadi pada abad 9 H/15 M. Banyak ilmuwan dan ulama Islam bermunculan di Al-Azhar saat itu, seperti Ibnu Khaldun, Al-Farisi, As-Suyuthi, Al-‘Aini, Al-Khawi, Abdul Latif Al-Baghdadi, Ibnu Khaliqan, Al-Maqrizi dan lainnya yang telah banyak mewariskan banyak ensiklopedi Arab. Usia seribu tahun lebih tentu saja banyak mengalami dinamika dan romantika. Walau uzur namun Al-Azhar tetap menjadi pavorit dan masih bisa dijadikan kiblat ilmu-ilmu Islam saat ini. Hal itu dapat dilihat dari antusiasnya para tholibul ‘ilmi dari penjuru dunia berdatangan ke negeri kinanah. Untuk wilayah Timur Tengah, rating tertinggi pelajar tanah air masih didominasi Mesir dengan universitas Al-Azharnya.

Lembaga Al-Azhar dipimpin oleh seorang figur sentral yang dinamakan Syeikh Al-Azhar Al-Akbar, saat ini dipimpin oleh Syeikh Dr. Sayyid Muhammad Thantawi. Sedangkan universitas Al-Azhar dipimpin oleh seorang rektor, yang saat ini ditangani oleh DR. Ahmad Thayyib.

Saat ini saja, ada sekitar 3000-an lebih mahasiswa kita yang belajar di Mesir putra dan putri. Kampus putra dan putri terpisah, baik secara lokasi dan juga administrasinya. Kampus putri (Kulliyatul Banat) terletak di kawasan Nasr City (sebelah timur kota Kairo) atau sekitar 7 Km dari kampus putra yang berada di kawasan Husein.

Mahasiswa Melayu (Indonesia, Malaysia, Thailand, Brunei, dan Singapura) kebanyakan menetap agak berjauhan dari lokasi kampus putra dan dekat dengan lokasi kampus putri, yaitu daerah Nasr City. Karena sekitar kampus Al-Azhar putra di Hussein cukup ramai oleh lalu lintas dan pasar yang kurang mendukung suasana belajar.

Permukiman di Timur Tengah termasuk Mesir tidak seperti di Indonesia, yang kebanyakan berwujud rumah-rumah pribadi. Di sini mayoritas pembangunan berbentuk aparteman/flat yang didominasi warna kuning, warna gurun pasir. Sehingga kalau dilihat dari pesawat udara lebih menyerupai kardus balok berwarna kuning. Kehidupan warga Mesir sangat bergantung pada sungai Nil. Sungai itulah yang merupakan denyut nadi kehidupan di sini. Tak heran keseluruhan penduduk menetap di pinggiran sungai Nil. Karena selain itu, hanya merupakan daerah tandus, kawasan gurun pasir.

Satu flat biasanya dihuni 3-7 orang. Tergantung dari kapasitas flat tersebut. Harga sebuah flat juga bervariasi, mulai LE. 350 hingga LE. 600 per bulan (1 USD = LE. 6). Satu flat umumnya berisi dua atau empat kamar tidur, ruang tamu, dapur, balkon, kamar mandi, perkakas rumah serta kulkas dan kompor gas. Pada flat tertentu kadang dilengkapi dengan sarana telepon lokal, TV serta AC, tentu dengan harga sewa yang lebih dari standar biasa.

Masak sendiri adalah pilihan kebanyakan. Walaupun beberapa makanan Mesir sesuai dengan selera kita, namun tidak mungkin terus-terusan kita mengkonsumsi makanan Mesir. Selain hemat biaya juga rasanya lebih memuaskan bila masak sendiri. Biasanya sebuah rumah akan membuat jadwal masak rutin. Jangan khawatir kalau tidak bisa masak. Setelah di sini, seiring berjalannya waktu, Insya Allah Anda bisa mencicipi masakan sendiri. Di sekitar permukiman pelajar Asia tenggara juga banyak berdiri warung makan Indonesia, Malaysia dan Thailand.

Bagi pelajar non beasiswa memerlukan biaya hidup per bulan sekitar 40 Dollar. Hitung-hitungan itu sudah meliputi biaya sewa flat, makan, transportasi selama berpergian, membeli diktat kuliah, dan buku-buku bacaan lainnya serta kebutuhan pribadi. Uang 40 dollar itu menurut mayoritas mahasiswa sudah lebih dari cukup. Adapun tentang beasiswa, di Mesir ada beberapa lembaga yang menyediakan beasiswa untuk mahasiswa asing, baik itu dari pemerintah sendiri maupun lembaga lain yang membuka cabang di Kairo. Tapi semua itu tidak bisa diharapkan sepenuhnya, mengingat jumlah pendaftarnya yang banyak dan bersifat “untung-untungan”, dan kadang dalam jumlah pas-pasan. Lembaga-lembaga itu antara lain: Al-Azhar (minhah Al-Azhar), LE. 162 per bulan. World Assembly Moslem Youth (WAMY). Kantor cabangnya di kawasan Ighatsah. Jumlah beasiswa pe bulan LE. 250. Majlis A’la li Syu’un Al-Islamiyah. Berada di kawasan Tahrir. Beasiswanya LE. 165 per bulan. Adapun setibanya di Mesir, pendaftaran permohonan beasiswa itu bisa diurus sendiri-sendiri.

Hafalan Al-Qur’an cukup diperhatikan di Al-Azhar. Masing-masing tingkat diharuskan menghafal 2 juz. Ini berlaku untuk semua jurusan, baik ‘ilmi (umum) maupun adaby (agama). Sehingga ketika lulus strata I (Lc) diharapkan sudah menghafal 8 juz. Sekali lagi, bulatkan tekad benar-benar tholabul ‘ilmi. Insya Allah kalau niat dan kesungguhan sudah total, segala rintangan dan kendala-kendala kecil tidak dirasakan. Asal mau giat belajar, segalanya bisa dicapai. Banyak mahasiswa yang dulunya ketika datang ke sini tidak bisa apa-apa. Tapi setelah beberapa bulan telah mampu berbahasa arab fushah dan ‘amiyah (pasaran), telah mampu membaca kitab-kitab turats maupun kontemporer yang berbahasa arab, dan tentu saja prestasi akademiknya berhasil. Namun tidak sedikit yang dahulu di Indonesia cukup berprestasi, tapi ketika di sini tidak naik tingkat dan selalu mengulang dikarenakan terlena dan terlalu meremehkan.

Sebelum memutuskan fakultas dan jurusan yang dikehendaki, hendaklah berpikir matang-matang. Jangan sampai setelah berjalan di tengah jalan, mengeluh dan merasa salah pilih jurusan. Semuanya kembali kepada kecendrungan masing-masing, apakah ingin mendalami Studi Islam, Tafsir, Hadits, Aqidah Filsafat, Syari’ah, Hukum Islam, Bahasa Arab, Sejarah, Budaya, Pendidikan maupun Psikologi. Universitas Al-Azhar membuka jurusan umum dan agama. Namun mayoritas pelajar tanah air memilih fakultas Ushuluddin, Syari’ah dan Lughah ‘Arabiyah. Walaupun ada juga beberapa yang memilih jurusan Psikologi, Sejarah dan Kebudayaan, Tarbiyah.

Inilah selayang pandang tentang Universitas Al-Azhar Kairo Mesir.masjid azhar

About these ads

14 thoughts on “Universitas Al-Azhar Mesir

    • Secara umum, info tentang al azhar bisa antum baca di blog mumtaza. saat ini kami sedang menguruskan visa siswa2 mumtaza yg sudah dinyatakan diterima di alAzhar..perlu diketahui, sebelum mendaftarkan diri kuliah di azhar, setiap calon mahasiswa harus mengikuti tes rekomendasi depag yg biasanya diadakan pada bulan juni-juli setiap tahunnya….oh ya, saat ini antum kelas berapa? jika ada informasi lain, silahkan kontak ke nomer kami.

    • bahasa arab dan hafalan quran minimal 2 juz…seleksi ujian tulis dan lisan.
      Materi Ujian
      1. Ujian Tulis (menggunakan bahasa Arab) meliputi : bahasa Arab (memahami teks, tata bahasa
      dan insya’) dan Pengetahuan Agama Islam.
      2. Ujian Lisan (menggunakan bahasa Arab) meliputi : bahasa Arab (percaka

  1. assalamualaikum, kk pengurus mumtazcenter saya berniat ingin mengambil jurusan aqidah fisafat atau psikolog, bagaimana pandangan kk kalau saya mengambil jurusan dari salah satunya

    • afwan…antum saat ini sdh kuliah dimana? menurut saya dalam memilih jurusan, perlu antum sesuaikan dg minat dan juga peluangnya ke depan

  2. asslamualaikum nma sy heri sy pgin lihat lnsung kmpus al-azhar n pgin nurusin s2 nnti dsna krna sy pgin skli kuliah di kmpus al-azhar tp tu tdk mngkin krna sy hnya lah seorang petani yg pendaptan cma tuk kbtuhan sehari-hari tp tu smua tdk kan mematakn smangat sy tuk kuliah di al-azhar………………………………

  3. Assalamualaikum,,apakah ada info untk universitas madinah?mohon informasinya,mohonmaaf,dokumen yg kmarin trkirim ada kekeliruan dan blum lngkap,segera akan kami krim dokumen yg lngkapnya syukron wassalam.

  4. Assalamualaikum,,apakah ada informasi untuk madinah university?mohon maaf,dokumen yg kmarin trkirim trdapat ksalahan dan blum lngkap,segera kami krim dokumen yg lngkap,syukron wassalam.

  5. kaka, mksud dr mumtaza ini apa ya ?? lmbaga yg mngurus proses kberangkatan ke mesir ?? proses melalui lmbaga ini dgn depag sama gak ??? di sana tdak ada jurusan bhasa inggris ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s