Syarat Pendaftaran Al-Azhar Mesir

Persyaratan Pendaftaran di Al-Azhar

  • Ijazah (asli dan tidak di-laminating)
  • Transkrip Nilai (asli dan tidak di-laminating)
  • Akte kelahiran (asli)
  • Pasport (asli 48 halaman)
  • Surat Rekomendasi dari orang tua / wali (asli)
  • Pas Photo berwarna 4 x 6 sebanyak 25 lembar
  • Lulus Ujian Seleksi Depag RI bagi calon mahasiswa/i Universitas Al-Azhar non beasiswa

Catatan : Ijazah asli dan legalisirnya bisa diserahkan setelah siswa menerima dari sekolah.

Layanan MUMTAZA CENTER

  • Informasi tentang ke-Azharan dan ke-Mesiran

Gratis 4 CD Kauro Guide

Buku panduan kuliah di Al-Azhar

Buku panduan serba-serbi kehidupan di Mesir

Buku Bahasa Arab ‘Ammiyah

  • Pengurusan dokumen dan persyaratan Depag RI
  • Pengurusan Aplikasi Masuk Universitas Al-Azhar
  • Penerjemahan ijazah ke bahasa Arab
  • Pengurusan visa pelajar
  • Tiket pesawat Jakarta-kairo, airport tax, handling charge
  • Penjemputan di airport Kairo
  • Pengurusan daftar ulang di Universitas Al-Azhar
  • Gratis biaya pencarian rumah
  • Gratis uang jaminan dan sewa rumah satu bulan
  • Bimbingan akademik di Mesir dan asistensi
About these ads

140 thoughts on “Syarat Pendaftaran Al-Azhar Mesir

  1. mas fifa…klo masuk azhar harus ijazah aliyyah…gak bisa pakai SMA…klo butuh ijazah Aliyyah/yang muadalah coba hubungi nmr ini…081932568419,insyallah dia bisa bantu..trimakasih

  2. assalamua’laikum ..
    afwan mau tanya,kalu mau masuk k al azhar,dr SMA bisa gak yah ?
    trus prsyaratan akademiknya apa aja?
    mhon d bls ya ..
    syukron ..
    wassalamu’alaikum

  3. assalamua’laikum,…,

    Q bru kelas 2 sma…,
    jujur dari niat saya, saya ingin masuk al-azhar,
    tpi sayangnya saya bukan aliyyah melainkan sma…,

    ad cara lain gak biar saya bisa ikut tesnya kalau utk tamatan sma???

  4. assalamu’alaikum wr.wb.

    kapan akan diadakan test untuk gelombang berikutnya??
    terus….apakah ada peluang untuk mengajukan beasiswa???

  5. assalamu’alaikum wr.wb.

    apakah pada tanggal 17 – 20 Mei 2010, adalah test terakhir untuk berangkat ke al-azhar???
    makasih atas jwbnna…

  6. Assalamualaikum wr wb

    mas/mba , saya ingin bertanya apakah benar bagi siswa yang berniat masuk Al azhar haruslah siswa lulusan MA atw pesantren , jujur saya sangat berharap bisa masuk universitas al azhar tapi sayang saya sekarang siswa kelas 2 SMA , apakah lulusan sma bisa mengikuti seleksi ataupun masuk al azhar jika ada bagaimana caranya dan prosedur pendaftarannya ?

    terimakasih wassalamualaikum wr wb

  7. Asslamu’alikum wr.wb
    Saya ingin sekali melanjutkan study di al-azhar,,
    Kira” thn ini ujian diadakan pd bulan apa ya.? Terima kasih mohon di jawab

    • bahasa arab dan hafalan quran minimal 2 juz…seleksi ujian tulis dan lisan.
      Materi Ujian
      1. Ujian Tulis (menggunakan bahasa Arab) meliputi : bahasa Arab (memahami teks, tata bahasa
      dan insya’) dan Pengetahuan Agama Islam.
      2. Ujian Lisan (menggunakan bahasa Arab) meliputi : bahasa Arab (percakapan, baca makalah bahasa arab dan terjemah, hafalan quran min 2 juz)
      unt lebih jelas hub kami by phone aja

  8. assalammu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

    saya seorang murid sma biasa yg skrg duduk di kelas 2,tp smp dlu saya prnah jd santri di sebuah pesantren terpadu selama 3 tahun.jadi,insya Allah saya lumayan faham bhsa arab.
    saya ingin bertanya :
    1.apakah lulusan sma biasa punya peluang masuk universitas al-azhar dan mndpat beasiswa?kalau memang bisa,bagaimana caranya?krana orang tua saya mngizinkan saya kuliah di luar negeri asalkan beasiswa.
    2.apa saja materi yang akan dites supaya saya persiapkan dr skrg dgn matang krna saya bner2 pengen kuliah disana.
    3.dimana tempat pendaftarannya?
    4.kalau memang harus bayar pakai uang sendiri,berapa rincian total yg harus saya keluarkan?supaya saya jga bisa langsung konsultasi sama orang tua saya.

    demikian pertanyaan saya,mhon jwabannya sesegera mungkin,
    maaf jika pertanyaan saya terlalu banyak,
    syukron `ala ihtimam minkum ^^

  9. assalamu’alaikum
    ustadz,saya baru kelas dua sma
    saya mau tanya:apakah lulusan sma swasta bisa masuk di al azhar mesir ?
    dimanakah pendaftarannya?
    apa persyaratannya ?
    saya berasal dari sma swasta milik pesantren genggong indonesia
    mohon di balas,karena jawaban panjenengan sangat berarti dalam hidup saya !

    • insya allah bisa…sekarang dipersiapkan secara matang pengetahuan bhs arabnya baik tulis maupun lisan. juga hafalan quran min 2 juz ( 1 dan 2 )

  10. assss…
    pel. apah jjh yah yang di seleksi bwt masuk al azharr ???
    trus qur’an.a berpah juuzzz ???

    tlong di baless yhh ???

    mksh ..
    wssalam ………………….

  11. ass… insya allah saya setelah UN ne mw daftar k al-azhar..,hafalannya kan minimal 2 juz..jdi kok misalnya hafal juz 1 dan juz 30…gimana bisa kah ustadz? ?apa mesti juz 1 dan 2? ?mohon secepatnya d blz…wasalam…

    • insya allah cukup, yg paling utama juz 1…tp jika memungkinkan (dan pasti bisa) mulai menghafal juz 2. krn beberapa thn ini ada soal quran dari juz 2…jika ingin konsultasi lbh detail hub ke nomer hp kami aja 081213697400-081584226678

  12. salam ,,,
    afwan mohon info kapan pendaftaran di buka tuk tahun ini ,,?
    dan pelaksanaan pendaftran apakah bisa selain di dapag jakarta ya akhi ?
    mksdnya pendaftaran, apa bisa di laksanakan di setiap depag propinsi.?
    karena saya berada di kalimantan timur bagaimana proses pendaftarannya.
    mohon blasannya segera ya akhi,,,
    mutasyakir awi :)

    • informasi pelaksanaan seleksi thn ini blm diumumkan oleh depag…kemungkinannya diadakan juga di beberapa propinsi selain jakarta..kami mumtaza center sudah membuka pendaftaran sejak januari bagi calon peserta seleksi azhar yg ingin mengikuti pelatihan atau mendapatkan modul persiapan seleksi azhar

  13. Assalamu’alaikum ustad, saya tamatan SMA tahun 2010, dan sebenarnya sudah tamat d1 sekolah pemerintahan, apakah bisa mendaftar ?

    dan adakah batasan umur atau batasan tahun tamat untuk bisa mendaftar?
    mohon di balas, jazakallah..

    • tidak perlu nunggu 1 tahun…daftar seleksi tahun ini dan lulus, maka berangkat ke kairo tahun ini dan langsung kuliah. jika berminat hub kami via telp

  14. mohon doa dan restu seluruh keluarga , rekan , kerabat dan yang kenal sama saya tanpa terkecuali semoga saya lulus ujian nasional dan diterima di universitas al azhar. amiiiiiiin

    • insyaAllah lulus ujian dg baik dan dapat meraih impian menuju universitas alAzhar. jika ingin mendaftar dan bergabung dg bimbingan mumtaza center, silahkan hub kami

  15. assalamualaikum..
    saya mau bertanya..
    saya sekarang masih duduk di kelas 2 sma, dan saya memiliki keinginan melanjutkan ke al azhar, tetapi sma sya negeri, dan sya lulsan dari smp negeri juga. apakah saya bisa masuk ke al azhar ??

    mohon dibales yaa, syukron..

    • maaf sebelumnya…semua siswa dan santri punya peluang yg sama untuk daftar kuliah di universitas azhar. yg penting mengikuti prosedur yg ditetapkan Depag yaitu mengikuti tes seleksi dan lulus.materinya bahasa arab dan hafalan quran minimal 2 juz (juz 1 dan 2). jika memang berminat serius silahkan persiapkan dari sekarang. jika ingin konsultasi lebih lanjut, sebiknya hub kami melalui telpon…..salam sukses

  16. assalamu’alaikum ustadz. saya ingin sekali kuliah ke al-azhar. sekarang saya baru kelas 2 aliyah. persyaratan lengkap masuknya apa aja??
    terus hafalan al-qurankan ktanya dua juz, gmna kalo g urut?misalkan juz 30 sama 29??
    tolong jawabannya dikirim ke e-mail khanifah_enbe@ymail.com. terimakasih :)

  17. assalamu’alaikum, maaf saya mau tanya, saya kan ingin masuk ke al-azhar, tapi sekarang saya sekolahnya di SMK, tapi di pondok Darul Ulum, apakah bisa? :)

    • Ada seleksi unt masuk universitas azhar. Materi utama adalah hafalan quran min 2 juz dan bahasa arab. Unt persiapan tes, kami mumtaza center mengadakan pelatihan bahasa arab khusus persiapan tes. Hub kami jika berminat

  18. Assalamu’alaikum mumtazacenter….
    dri kecil sy sangat ingin masuk di al-azhar,, tp skarng sy sdang kuliah s1 di universitas mataram,, tapi saya lulusan MA juga,, kira2 kalau ada pendaftaran di tahun 2013 nanti, saya bisa ikut gak,,??? terimaksih,, mhon jawabannya

  19. Assalamu’alaikum wr.wb …
    Aini kan msh kls 10 SMA , trus kalo lulusan dri SMA itu bisa gak ke Al-Azhar?
    Insya Allah ana faham B.Arab (walaupun dikit) dan Inggris.

    trus kalo ijazah MTs juga dilampirkan/tdk ?

    Syukron . :)

  20. ass..ustad saya bru kls 10,MAN mau tnya pendaftaran ke alazar itu bisa dari kls 10 tidak?dan peluang beasiswa kesana banyak,tidak?syarat utama kesana apa.wass

  21. assalamu’alaikum
    mau tanya umtuk pendaftaran univ al azhar tahun ini (2013) dibuka kapan ya? mohon jawabannya, terima kasih…
    wassalamu’alaikum

  22. asalamualaikum mw tnya slain di bojo negoro pelatihanx dimnalagi
    tuk tmn seperjuangan jk antuma smua da info tntng kuliah diazhar tlng ksh thu ana ke nmr 085778176883

  23. ass..
    pak ustad,saya lulusan SMA tahun 2010. apa bisa mendaftar di al-azhar.?semua orang sangat ingin belajar disana.termasuk saya..namun orang tua saya kurang mampu.namun saya berprestasi di sekolah. saya adalah salah satu peserta olimpiade ekonomi tingkat propinsi. pak ustad tolong bantuannya ya.?
    sekarang saya sedang bekerja sebagai buruh.namun saya ingin kuliah.

  24. afwan akh, persyaratan untuk mendapat beasiswa S1 al-azhar apa saja ya? atau mungkin ada website yang bisa dikunjungi?
    jazakumullah.

    • syaratnya ya harus lulus seleksi dan dapat nilai terbaik, paling tidak masuk 20 terbaik atau nlai tertinggi. seperti thn kemarin yg dapat beasiswa hanya ranking 1 sampai 23 dari jumlah yg lulus sekitar 400 mahasiswa

  25. ass,,,
    pak ustadz saya mau nanya tentang seleksinya klo plajaran nahwu itu yang d pertanyakan yang tingkat ibtidaiyah bukan?

  26. AFWA USTAD INI ANA MAU TABAYUN USTAD ;KATANYA KALAU DARI MUMTAZA MENDAFTARNYA PAKE FORMULIR NON BEASISWA? (MUSKIPUN NILAINYA TINGGI NGG AKAN DAPAT BEASISWA) EMANGNYA ADA BEDANYA GITU USTAD?

    • sebagai informasi buat antum…tahun 2012 kemarin keluarga mumtaza yang meraih nilai tinggi dan mendapatkan beasiswa ada 4 mahasiswa. jadi seleksi non beasiswa maupun beasiswa tidak ada bedanya, yang meraih nilai tertinggi, mereka yang berhak dapat beasiswa. tentang jumlah quota beasiswa belum ada info. kalau tahun kemarin, rangking 1 – 23 mereka yang berhak dapat beasiswa

  27. Assalamu’alaikum..
    ana mau tanya akhi..
    pendaftaran calon mahasiswa tuk thun 2013 ini sdah dimulai pendaftarannya apa blum..??
    dan tanggal brapa akhi.??
    mohon d jawab ya akhi..trims
    wassalamu’alaikum.

  28. assalamu alaikum…..
    afwan ana mau nyak ni,,,,
    bisa gk bgi peserta yug sdah dftar kmudian lokasi ujiannya di banda aceh tp ikut ujiannya di jakarta…sukron..??

  29. Ass :)
    saya sudah membaca semua pertanyaan2 dari teman2 yg sdh mengirim pertayaan,saya merasa sangat termotivasi sekali.saya sngt ingin bersekolah d sana seiring kembali k jaln allah,dan mengubah kebiasaan buruk saya,yg sering lupa menjalani tgs sbgai hamba allah.
    saya hanya mau bertanya “sudah terlambatkah saya skrg untuk pindah k p0ndok pesantren ?? Soal.a saya skrg sdh du2k d kls 2 SMA.
    Mohon d balas :)

  30. salam.
    pa ini sy tati dr ciamis tp tinggal didepok ana sedang diRumah Qur’an ana alhamdulillah hafalan ana sdh sampai 11 juz,ana sdkit tau b.arab tp gak begitu mendalam.salah satu motivasi ana slm ini ngafal alqu’an karena pengin sekali kuliah di Al-Azhar mesir Cairo ini mimpi dan cita2ku sejak dulu.. org tuaku tdk mampu menguliahkanku tp minatku bgitu mendalam sangat berminat kuat untuk kuliah di Al-Azhar dgn biasiswa penuh.maka saat ini adlh perjuangan berda diRQ ini pun beasiswa,ana sgt berharap pengin thn depan 2014 ana bisa kuliah diAl-Azhar.ana ini lulusan thn 2012,ana dr kcl sklh dimadrasah smw.mohon bantuannya smg alloh smpaikan ana dimesir untk kuliah dan mndptkan beasiswa penuh.mhn infonya ,jazakalloh.

  31. Assalamu’alaikum Wr Wb.
    afwan, mau tanya. sekarang saya sedang menjalani S1 di Universitas Riau. saat ini saya sedang semester 5. dan insya allah menargetkan untuk selesai di awal tahun 2015.
    yang mau saya tanyakan, apakah saya bisa melanjutkan pasca sarjana di al-azhar? sementara s1 saya di indonesia.

  32. assalamualaikum.
    pak, di universitas al azhar sendiri apakah ada fak komputer dan ilmu komunikasi.?
    saya anak smk tkj, apakah bisa saya mendaftar dengan ijazah smk..
    untuk.hafalan al quran dan bahasa arab insya allah akan terus saya pahami.
    terima kasih.. :-)
    wassalam..

    sigit-medan

  33. pak maaf, saya siswi dari SMKN.. mau nanya, apa bisa saya masuk al azhar..
    tp sebelum saya masuk SMKN saya lulusan sanawiyah.. jadi, ada lah sedikit tau bahasa arab..
    dan apa aja syarat nya masuk kesana.. makasih..

    • semua punya peluang yang sama untuk daftar kuliah ke al-azhar….yang pasti harus punya dasar bahasa arab yang baik (tulis-lisan).Juni ini kami membuka pelatihan bahasa arab gratis

  34. Assalamualaikum ustadz, saya lulus SMA tahun 2012.
    apakah ada kesempatan untuk saya kuliah ke Al-Azhar?
    Dan bagaimana pembiayaan kuliah di sana?

  35. Assalamu’alaikum…
    Bapak mumtazacenter..
    Saya lulusan aliyah tahun 2012. berarti ijazah saya sudah 2 tahun.
    Masih bisakah untuk mengikuti tes untuk kulaih di mesir tahun besok.

    Terima kasih sebelumnya.

    • agar diketahui bahwa tes seleksi masuk alazhar adalah 2 tahap….tahap 1 tes dengan tim penguji dari kemenag. dan tes tahap 2 diuji langsung oleh tim dari alazhar. tes 1 dan 2 semua diadakan di indonesia. yg lulus baru bisa berangkat ke kairo. jika kurang mengerti hubungi kami saja melalui telp di no 082331192666

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s